Wednesday, May 20, 2015

Mau investasi? Sebaiknya pikir dulu.

Tidak Perlu Berlagak 'Mau Investasi'

Kawan : Bro, investasi yang tepat saat ini apa ya?

Saya : Rumahmu sudah lunas?

Kawan : Belum. Masih lama

Saya : Gak usah macam-macamlah. Lunasi saja rumahmu dulu

Kawan : Alhamdulilah kemarin dapat warisan dari orang tua. Enaknya diinvest dimana? Ada rekomendasi saham?

Saya : Gak usah macam-macamlah. Tabung saja uangmu untuk keperluan mendadak atau pelunasan mobil-rumah

Kawan : kalau ditabung kecil bunganya

Saya : Kalau main saham bisa habis dalam sekejap. Siap gila kamu?

Kawan : Kok, pernah dengar investasi peternakan Unggas? Pendapatannya besar lho. Bisa 3-4% per bulan

Saya : Pernah dengar sih. Kenapa?

Kawan : Sepertinya menarik tuh. Menurutmu bagaimana?

Saya : Tidak masuk akal pendapatannya

Kawan : Presentasinya menarik dan sepertinya masuk akal

Saya : Ada pengalaman berternak Unggas? Pengalaman keluarga? Kalau cuma presentasi lupakan. Nabung saja

Itu beberapa petikan teman yang sepertinya serius meminta nasihat investasi. Jawaban saya sederhana: investasi no, menabung yes. Kalau hidup masih susah memenuhi basic need (sandang, pangan, papan), masih berkutat menghadapi lifestyle (motor+mobil gonta-ganti, nongkrong di cafe, plesiran, dll) lupakan sajalah yang namanya investasi. Cari saja pekerjaannya sebanyak mungkin, menabunglah. Saya share 10 langkah kuno yang saya lakukan untuk bertahan hidup.

Yang pertama sebelum melakukan investasi adalah menabung. Coba cek rekening anda, kapan dari total pendapatan bulanan 10-20% secara disiplin disisihkan. Jika ada yang mengambil KPR 10-15 tahun dengan 30% pendapatan digunakan sebagai angsuran, itu sudah langkah cerdas. Rumah adalah tabungan berikut investasi. Jangan mikir bunganya selama 10-15 tahun karena pasti sangat besar. Silakan bandingkan kenaikan harga rumah dengan bunga yang anda bayar, niscaya anda akan shock. Jika belum punya rumah, paksa menabung 10-20%, kalau bisa 30% bagus banget.

Yang kedua, kekang keinginan. Makan di luar rumah, nongkrong, merayakan sesuatu (utk segala hal yang sebenarnya tidak perlu), plesiran setiap minggu, dan lain sebagainya adalah hal yang perlu ditahan dengan sungguh-sungguh sebelum anda berinvestasi. Kalau hidup masih dikendalikan keinginan bersenang-senang hingga hidup begitu boros, lupakan untuk melakukan investasi.

Ketiga, kurangi kewajiban. Saat mengalami peningkatan pendapatan (naik gaji, naik pangkat, dapat tambahan pendapatan dari hobi atau pekerjaan lain) selalu utamakan melakukan pelunasan kartu kredit, pelunasan kendaraan, dan tentunya pelunasan rumah. Semakin cepat lunas, semakin baik. Jika basic sudah selesai, maka bisa beranjak investasi.

Keempat, beli gadget sesuai kemampuan dan tepat guna. Banyak yang beli Blackberry mahal cuma untuk pamer: ini lho gue pake BB baru. Keren kan. Bisa buat BBM-an dan check recent update teman-teman juga.... hahaha... BB jadul juga bisa kaleee. Belilah gadget sesuai kebutuhan dan kemampuan. Bahkan jika anda pemilik usaha sekalipun, tidak perlu menggunakan gadget yang super keren hanya untuk terlihat wow di depan klien. At the end of the day, klien akan menggunakan jasa atas 'otak' kita, bukan karena terkesima melihat gadget. Sama seperti mobil dan motor, gadget merusak nilai uang yang kita cari susah payah. Harganya terus turun dan akhirnya jadi sampah. Saya selalu merekomendasikan membeli gadget seken di ITC yang tokonya kita kenal baik dan kooperatif untuk membantu reparasi saat dibutuhkan.

Kelima, jangan mudah terbujuk. Terbujuk apa? Banyak. informasi media, internet, buku, bahkan semua orang di sekitar kita. Semua menawarkan investasi, tapi apakah sungguh-sungguh ingin membantu kita meningkatkan value atas pendapatan kita? Tidak! Mereka hanya mengejar komisi. Saat kita terpuruk karena investasi rugi, mereka dilindungi undang-undang dan pengacara. Tuntutan akan sia-sia dan kita yang akan dilihat bodoh oleh banyak orang. Jangan pernah percayakan sebagian besar uangmu kepada siapapun. Jangan pernah!

Keenam, manfaatkan rejeki tiba-tiba yang besar dengan hati-hati. Misalnya warisan. Jangan pernah warisan dalam bentuk rumah dijual dan jadi uang tunai lalu diinvestasikan ke instrumen investasi yang berisiko. Pertahankan saja rumah itu. Kalau biaya perawatan terlalu besar, jual saja lalu belikan 1-2 rumah yang lebih kecil dengan perawatan rendah. Atau diproduktifkan jadi rumah tinggal, sewa, dan lain-lain.

Ketujuh, saat rumah lunas, kendaraan lunas, apakah boleh investasi? Belum. Menabunglah tunai sampai bisa mencukupi 6-12 bulan pengeluaran bulanan. Misalnya pengeluaran bulanan kita 5 juta, setidaknya harus menabung sampai 60 juta. Baru setelah tercapai, berpikirlah investasi. Berapa yang diinvestasikan? Ingat kan tadi saya tulis menabung 10-20%, investasikan 5-10%, sisanya tetap menabung tunai. Investasi apa yang 5-10%? kan sedikit sekali? Tunggu sampai cukup beli emas lantakan kecil. Kalau sudah beli emas diapakan? Diamkan. Tidak usah diutak-atik, tidak cek harga emas harian. Emas dan rumah disimpan untuk investasi dasar saat kebutuhan mendesak terjadi.

Kedelapan, saat rumah lunas dan punya lumayan cadangan emas, berpikirlah memiliki rumah kedua atau membeli tanah. Pastikan lokasinya dapat anda kontrol, punya notaris yang dapat dipercaya, dan jangan percaya dengan tanah/rumah murah tapi bukti-bukti kepemilikannya tidak jelas. Selalu cek ke notaris copy sertifikat untuk dilihat di BPN keabsahannya. Rumah menurut saya adalah satu-satunya investasi yang paling menguntungkan yang pernah saya miliki. Setiap 2-3 tahun harga rumah naik 100%. Usahakan setiap rumah lunas, berilah periode bebas cicilan rumah 12-18bulan. Setelah itu, mulailah punya target beli rumah lagi. Lewat KPR pun tidak masalah. Uang muka dari mana? lah 12-18 bulan kan tetap harus menabung dan/atau beli emas.

Kesembilan, pecah portofolio. Ini yang agak rumit. Saat punya rumah kedua atau ketiga, 1 rumah yang kenaikannya paling tinggi perlu dipertimbangkan untuk dijual. Tidak usah punya keterikatan yang terlalu tinggi dengan barang. Kalau sudah untung besar, jual saja. Belikan yang lebih murah, siapa tahu dapat dua unit. Boleh juga dipecah beli 1 unit rumah yang lebih kecil, sisanya dijadikan investasi rupa-rupa: beli sukuk, asuransi tradisional (pastikan anda kenal baik dengan agennya), emas lagi juga boleh. Ini sih periode paling enak. Biasanya dicapai kalau serius hidup ketat 10-12 tahun. Butuh keuletan, kesabaran, kedisiplinan dan tentunya keberuntungan hehehe...

Kesepuluh, dalam setiap investasi berdoalah. Mintalah juga doa dan restu orang tua, mertua, dan anak-anak yatim. Percayalah, doa mereka sungguh-sungguh membantu.

Kira-kira begitulah nasihat investasi sotoy ala saya. Selamat mencoba. hihihi...

Saran dari Om Kokok Herdhianto Dirgantoro ...
Thanks ya om...

Tuesday, March 10, 2015

CARA MUDAH MENGHAFAL AYAT ALQURAN

Patut kita praktekkan nih.. insya Allah bisa!
Ayo bro/sis.. 😊👊

SALAH SATU CARA MUDAH MENGHAPAL NAMA2 SURAH DALAM AL QUR’AN

Assalamu’alaikum Warahmatullahi
Wabarokaatuh

Al Qur’an adalah Kitab Suci agama Islam yang wajib di baca dan dipelajari oleh setiap umat Muslim.Namun faktanya , sangat jarang umat muslim yang bisa menghapal seluruh isi Al Qur’an ( Tahfidz ). Jangankan hapal isinya , urutan nama-nama surah yang ada dalam Al Qur’an saja tidak banyak yang hapal. Nah untuk lebih meningkatkan motivasi kita semua agar nantinya mampu menghapal seluruh isi Al Qur’an , maka coba memulainya
dengan memberikan satu cara yang menyenangkan untuk menghapal nama-nama surah dalam Al Qur’an. Salah satu metode menghapal yang
cukup efektif adalah dengan membuat
cerita dari urutan surah sehingga kita mudah mengingatnya.

Cobalah baca Cerita-cerita di bawah ini, dan perhatikan kata-kata yang berhuruf besar. Kata- kata tersebut adalah nama-nama surat dalam Al Qur’an. Hafalkan ceritanya, dan kemudian tuliskan kata-kata tersebut secara berurut.Maka akan kita dapatkan nama surat
dan nomor urutnya. Silahkan mencoba :

Cerita I ; (Surah 1 – 10)

Paman membaca AL FATIHAH sebelum memasak SAPI BETINA milik KELUARGA IMRAN yang punya anak wanita bernama AN NISA. Sebagian HIDANGAN itu diberikan untuk BINATANG TERNAK. Kemudian paman menuju TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI, untuk mencuri HARTA RAMPASAN PERANG. Namun akhirnya paman ber-TAUBAT seperti taubatnya Nabi YUNUS.

NO.KRONOLOGI CERITA

1.AL-FATIHAH
2.SAPI BETINA – AL-BAQOROH
3.KELUARGA IMRAN – ALI IMRON
4.AN NISA
5.HIDANGAN – AL MAIDAH
6.BINATANG TERNAK – AL AN ‘AM
7.TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI – AL A’ ROF
8.HARTA RAMPASAN PERANG – AL ANFAL
9.TAUBAT – AT TAUBAH
10.YUNUS

Cerita II; (Surah 11 – 20)

HUD dan YUSUF melihat PETIR.Sementara itu IBRAHIM sedang berada di PEGUNUNGAN HIJR. Ia mencari LEBAH, untuk kemudian memulai PERJALANAN MALAM menuju ke GUA untuk menemui MARYAM dan TOHA.

NO.KRONOLOGI CERITA

11.HUD
12.YUSUF
13.PETIR – AR RA’D
14.IBRAHIM
15.PEGUNUNGAN HIJR – AL HIJR
16.LEBAH – AN NAHL
17.PERJALANAN MALAM – AL ISRO
18.GUA – AL KAHFI
19.MARYAM
20.TOHA

Cerita III ; (Surah 21 – 30)

PARA NABI pergi HAJI diikuti oleh ORANG-ORANG BERIMAN. Mereka seperti CAHAYA. Inilah yang menjadi PEMBEDA ANTARA YANG BENAR DAN BATHIL. Sementara itu, PARA PENYAIR bercerita tentang SEMUT.
Cerita itu terangkum dalam buku KISAH –KISAH. Dalam buku itu juga diceritakan tentang LABA-LABA yang menyerang BANGSA ROMAWI.

NO.KRONOLOGI CERITA

21.PARA NABI – AL ANBIYA
22.HAJI – AL HAJJ
23.ORANG – ORANG BERIMAN-AL
MU’MINUN
24.CAHAYA – AN NUR
25.PEMBEDA ANTARA YANG BENAR
DAN BATHIL – AL FURQON
26.PARA PENYAIR – ASY SYU ‘ARO
27.SEMUT-AN NAML
28.KISAH2 – AL QOSHOSH
29.LABA-LABA – AL ‘ANKABUT
30.BANGSA ROMAWI – AR RUM

Cerita IV ; (Surah 31 – 40)

LUKMAN tidak berSUJUD di kaum yang terkena AHZAB dan tidak juga kepada kaum SABA’. Sementara itu FATHIR dan YASIN berdiri bersama orang YANG BERSHAF-SHAF dan membentuk huruf SHOD. Mereka teramasuk ROMBONGAN – ROMBONGAN yang memohon ampunan kepada YANG MAHA PENGAMPUN.

NO.KRONOLOGI CERITA

31.LUKMAN – LUQMAN
32.SUJUD – AS SAJDAH
33.AL AHZAB
34.SABA’
35.FATHIR
36.YASIN
37.YANG BERSHAF2– ASH
SHOOFFAT
38 SHOD
39.ROMBONGAN-ROMBONGAN – AZ
ZUMAR
40.YANG MAHA PENGAMPUN –
GHOFIR

Cerita V; (Surah 41 – 50)

YANG DIJELASKAN dalam MUSYAWARAH itu adalah tentang
PERHIASAN. Bukan tentang KABUT. Sementara itu banyak orang YANG BERLUTUT di BUKIT-BUKIT PASIR. Saat itulah MUHAMMAD mendapat KEMENANGAN. Hal ini ditandai dengan KAMAR-KAMAR bertuliskan huruf QOF.

NO.KRONOLOGI CERITA

41.YANG DIJELASKAN – FUSHSHILAT
42.MUSYAWARAH – ASY SYURA
43.PERHIASAN – AZ ZUKHRUF
44.KABUT – AD DUKHAN
45.YANG BERLUTUT – AL JATSIYAH
46.BUKIT2 PASIR – AL AHQOF
47.MUHAMMAD – MUHAMMAD
48.KEMENANGAN – AL FATH
49.KAMAR2– AL HUJURAT
50.QOF

Cerita VI ; (Surah 51 – 60)

ANGIN YANG MENERBANGKAN
membawa awan ke bukit THURSINA.Ini terjadi saat BINTANG dan BULAN bersinar. Sementara itu pak RAHMAN sedang berceramah tentang HARI KIAMAT. Dimana BESI hancur, WANITA YANG MENGAJUKAN GUGATAN mengalami PENGUSIRAN, dan banyak
PEREMPUAN YANG DIUJI.

NO.KRONOLOGI CERITA

51.ANGIN YANG MENERBANGKAN –
ADZ DZARIYAT
52.THURSINA – ATH THUR
53.BINTANG – AN NAJM
54.BULAN – AL QOMAR
55.AR RAHMAN
56.HARI KIAMAT – AL WAQI ‘AH
57.BESI – AL HADID
58.WANITA YANG MENGAJUKAN
GUGATAN – AL MUJADILAH
59 PENGUSIRAN – AL HASYR
60.PEREMPUAN YANG DIUJI – AL
MUMTAHANAH

Cerita VII ; (Surah 61 – 70)

BARISAN orang beriman pada HARI JUM’AT berbeda dengan ORANG – ORANG MUNAFIK. Demikian juga pada HARI DITAMPAKAN KESALAHAN -KESALAHAN. Ketika aku di-TALAK, aku MENGHARAMKAN dia untuk masuk rumah ini. KERAJAAN yang indah, PENA yang mahal, pada HARI KIAMAT tidak lagi berharga. Disinilah
TEMPAT-TEMPAT NAIK bagi amal sholih.

NO.KRONOLOGI CERITA

61.BARISAN – ASH SHOF
62.HARI JUM’AT – AL JUMU’AH
63.ORANG-ORANG MUNAFIK – AL
MUNAFIQUN
64.HARI DITAMPAKAN KESALAHAN-
KESALAHAN – AL TAGHOBUN
65.TALAK – ATH THOLAQ
66.MENGHARAMKAN – AT TAHRIM
67.KERAJAAN – AL MULK
68.PENA – AL QOLAM
69.HARI KIAMAT – AL HAAQQAH
70.TEMPAT2 NAIK – AL MA
‘ARIJ

Cerita VIII ; (Surah 71 – 80)

NUH diganggu JIN disaat ORANG YANG BERSELIMUT dan ORANG YANG BERKEMUL tertidur pulas. Ia tidak menyadari datangnya KIAMAT. Sementara itu, ketika MANUSIA bertemu dengan MALAIKAT YANG
DIUTUS untuk menyampaikan BERITA
BESAR tentang kematian, MALAIKAT-
MALAIKAT YANG MENCABUT nyawa
sedang melihat IA BERMUKA MASAM.

NO.KRONOLOGI CERITA

71.NUH – NUH
72.JIN – AL JINN
73.ORANG YANG BERSELIMUT – AL
MUZAMMIL
74.ORANG YANG BERKEMUL – AL
MUDATSTSIR
75.KIAMAT – AL QIYAMAH
76.MANUSIA – AL INSAN
77.MALAIKAT YANG DIUTUS – AL
MURSALAT
78.BERITA BESAR – AN NABA’
79.MALAIKAT2 YANG
MENCABUT – AN NAZI ‘AT
80.IA BERMUKA MASAM – ‘ABASA

Cerita IX ; (Surah 81 – 90)

Ombak MENGGULUNG, bumi TERBELAH, ORANG-ORANG YANG
CURANG pun ikut TERBELAH. Mereka
seperti GUGUSAN BINTANG YANG DATANG DI MALAM HARI. Mereka berada di tempat YANG PALING TINGGI. Pada HARI PEMBALASAN tidak akan muncul FAJAR di NEGERI manapun.

NO.KRONOLOGI CERITA

81.MENGGULUNG – AT TAKWIR
82.TERBELAH – AL INFITHOR
83.ORANG-ORANG YANG CURANG –
AL MUTHOFFIFIN
84.TERBELAH – AL INSYIQOQ
85.GUGUSAN BINTANG – AL BURUJ
86.YANG DATANG DI MALAM HARI – ATH THORIQ
87.YANG PALING TINGGI – AL A ‘LA
88.HARI PEMBALASAN – AL GHOSYIYAH
89.FAJAR – AL FAJR
90.NEGERI – AL BALAD

Cerita X; (Surah 91 – 100)

MATAHARI tenggelam saat MALAM tiba. Dan ketika WAKTU DHUHA, Allah MELAPANGKAN rizki dan menumbuhkan BUAH TIN. Sementara itu manusia yang berasal dari SEGUMPAL DARAH tidak mempunyai KEMULIAAN sedikit pun. Ini adalah BUKTI akan terjadi KEGONCANGAN di dunia. Hingga KUDA PERANG YANG BERLARI KENCANG pun mati.

NO.KRONOLOGI CERITA

91.MATAHARI – ASY SYAMS
92.MALAM – AL LAIL
93.WAKTU DHUHA – ADH DHUHA
94.MELAPANGKAN – AL INSYIROH
95.BUAH TIN – AT TIN
96.SEGUMPAL DARAH – AL ‘ALAQ
97.KEMULIAAN – AL QODR
98.BUKTI – AL BAYYINAH
99.KEGONCANGAN – AZ ZALZALAH
100.KUDA PERANG YANG BERLARI
KENCANG – AL`ADIYAT

Cerita XI ; (Surah 101 – 110)

HARI KIAMAT, hari dimana manusia
tidak bisa lagi BERMEGAH-MEGAHAN.
Pada MASA itulah si PENGUMPAT mati diinjak-injak GAJAH. Sementara itu SUKU QURAISY bertengkar dengan
pak MA’UN di tepi telaga KAUTSAR. Saat itu ORANG-ORANG KAFIR tidak mendapatkan PERTOLONGAN.

NO.KRONOLOGI CERITA

101.HARI KIAMAT– AL QORI ‘AH
102.BERMEGAH-MEGAHAN – AT
TAKATSUR
103.MASA – AL ‘ASHR
104.PENGUMPAT – AL HUMAZAH
105.GAJAH – AL FI-L
106.SUKU QURAISY – QURAISY
107.MA’UN – AL MA ‘UN
108.KAUTSAR – AL KAUTSAR
109.ORANG-ORANG KAFIR – AL KAFIRUN
110.PERTOLONGAN – AN NASHR

Cerita XII (Surah 111-114)

Insya Allah 4 surat terakhir ini semua
dari kita sudah menghafalnya.

NO.SURAT

111.AL LAHAB
112.AL IKHLASH
113.AL FALAQ
114. NAAS

Semoga bermanfaat...aamiin

Monday, March 2, 2015

HOAX GAN!

بسم الله الرحمن الرحيم

📆Selasa,4 Jumadil Ula 1436H/24 februari 2015M

   🔍   FENOMENA HOAX (1)  🔍

📈TINJAUAN KRITIS TERHADAP BEREDARNYA HOAX DI GRUP WA ATAU MEDIA SOSIAL LAINNYA~

✒Lathifah Um Fakhri, S.Si, Apt
~~~~~~~🌼🌸🌼~~~~~~~

     ☝ Pernahkan di antara kita menerima sebuah pesan/info di mana pada bagian akhir pesan ada himbauan untuk menyebarkannya?

📱 Kemudian dengan tanpa cek kebenarannya kita membagi/ menshare/ men- forward kepada orang lain melalui media seperti WA, BBM, email , dan sebagainya? 
☝ Tidakkah kita sadar telah turut andil dalam penyebaran berita HOAX?

❔❗❔ APAKAH HOAX ITU?

         👉 HOAX adalah sebuah pemberitaan palsu yaitu usaha untuk
menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal si pembuat berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu (definisi menurut wikipedia).

📝 Isi hoax bisa bermacam-macam. Bisa tentang isu agama, info kesehatan, peringatan terhadap sesuatu yang mengatasnamakan institusi tertentu dan lain- lain.

🔖 CIRI-CIRI HOAX

📱 Didistribusikan via email, sms, media chatting maupun media sosial lainnya.

💬 Berisi pesan/info/ peringatan yang dapat membuat cemas dan panik, memprovokasi perubahan sosial atau membuat orang-orang waspada akan sesuatu.

📢 Diakhiri dengan himbauan untuk MENYEBARKAN dengan iming-iming dapat menyelamatkan orang lain atau konsekuensi tertentu. Perintah ini memanfaatkan itikad baik atau kegemaran orang berbagi sesuatu yang dirasa bermanfaat kepada orang lain.
   👉 Dalam menggambarkan suatu kejadian kata-katanya berlebihan/bombastis, faktanya tidak logis/masuk akal, salah dan menyesatkan.
Apabila hoax ini tentang info/peringatan/tips yang berhubungan dengan kesehatan maka yang pertama bisa mengenali atau " curiga" adalah orang-orang yang ahli atau faham masalah kesehatan seperti dokter, apoteker dan paramedis lainnya.

✏ Sebagai contoh : hoax tentang makan mie dan cokelat
✅ kerancuan :  "keracunan arsen sampai keluar darah bercampur nanah dari kelima panca indera"
📎 Fakta : keracunan arsen tidak seperti seperti itu gejalanya. Berlebihan !!

✅ Kerancuan :  "keracunan terjadi karena adanya reaksi antara arsen yang ada di dalam mi dengan senyawa yg ada dalam cokelat"
📎 Fakta : senyawa arsen tidak terdapat dalam mie instan. Tanpa bereaksi pun arsen berbahaya bagi manusia. Jadi bagaimana mungkin dalam mi instan terdapat arsen? Padahal mi instan sudah terdaftar resmi sehingga dinyatakan aman. Terlepas dari pengaruh penyedap rasa dalam bumbunya bagi kesehatan.

🔖 TUJUAN HOAX

Allahu a' lam apa tujuan atau maksud di balik pembuatan hoax ini.
Akan tetapi bisa diperkirakan tujuannya antara lain :
💭 membuat kepanikan atau keresahan dalam masyarakat
📊 Persaingan bisnis antara produk yang sama atau sejenis.
🔁 Membenturkan pihak-pihak dalam masyarakat atau bisa antara waliyul amri dengan golongan tertentu.
Misal hoax berisi info dari kepolisian atau info bahaya pemanis buatan yang mengatasnamakn IDI (Ikatan Dokter Indonesia)
🍁 Bisa jadi hanya ulah iseng seseorang yang " kurang waras". Dia merasa puas atau senang berita palsu buatannya menyebar luas di media sosial dan internet .

🔖 AKIBAT BEREDARNYA HOAX INI

⚠ Terjadi gesekan antara teman atau saudara sesama kaum muslimin. Dikhawatirkan hal ini sengaja untuk memecah belah kerukunan atau ketenangan dalam masyarakat atau suatu komunitas.
🚥 Sebagai contoh apabila ada seseorang membagi/share hoax ini dalam keadaan dia belum tahu, kemudian ada yang mengingatkan bahwa itu hoax.
Kemungkinannya ada dua. Yang belum tahu merasa berterima kasih telah diingatkan. Kemungkinan kedua yang sudah men"share" ini tidak terima atau tidak percaya meskipun sudah dijelaskan, akhirnya timbul tidak suka atau benci kepada yang mengingatkan atau bisa saja berbantah- bantahan. Dan ini sudah terjadi. Allahul musta'aan.

💦 Dan waliyul amri/ pihak yang berkepentingan mewakilinya atau bertanggung jawab dibuat kerepotan memberikan klarifikasi agar masyarakat tidak panik dan tidak mempercayai begitu saja akan suatu isu
Contoh : klarifikasi Badan POM terhadap hoax adanya virus HIV yang sengaja dimasukkn dalam makanan kaleng yang diimpor dari Thailand ( cek di www.pom.go.id)

🍁 Serta banyak orang tersibukkan membagi/share hoax. Semakin banyak tersebar tentunya makin senang si pembuat hoax ini dan mengakibatkan ketagihan dalam membohongi publik. Dikhawatirkan akan muncul terus menerus hoax-hoax yang lain .

⚠ Bahkan bisa membahayakan keadaan/kondisi kesehatan seseorang apabila berisi info kesehatan yang kurang benar.
📎 Sebagai contoh : hoax tentang lemon, petai atau nanas sebagai obat kanker
✅ Kerancuan : "dikatakan efeknya 10.000x lebih ampuh dari kemoterapi "
➡ Bantahan :
Klaim ini sangat berlebihan dan tidak logis. Mana data atau penelitiannya? Klaim ini bisa menimbulkan harapan yang sangat besar bagi penderita dan keluarganya.

✅ Kerancuan :
"apabila makan enzim bromelin pda buah nanas maka minum obat kimia hanya perlu dosis 25% misal dosis obat 100mg hanya perlu minum 25 mg"
➡ Bantahan :
Ini adalah fakta yang menyesatkan !! Bisa membahayakan penderita apabila kondisi darurat minum obat tertentu tapi dosis hanya minum 1/4 nya, hanya karena bersamaan dengan makan bagian tengah buah nanas (seperti isi hoax tentang kandungan "bromolin" pada nanas).
Selain itu bisa mengacaukan terapi dengan obat kimia yang sudah jelas dosisnya. Apabila dosis dikurangi seenaknya bisa underdose akibatnya efek obat tidak tercapai. Juga bisa terjadi resistensi pada antibiotik.

☝ Jelas sekali bahwa penulis hoax kesehatan ini bukanlah orang yang mengerti/ ahli dalam bidang kesehatan.
        
👉 Oleh karena itu  STOP 🚫
Sampai di sini saja ❗❗
Jangan lagi membagi/forward/share PESAN BERANTAI lagi ⚠

Jangan biarkan HOAX tersebar di grup-grup WA kita ⚠ 📛

🔖 LALU BAGAIMANA CARA MUDAH UNTUK MENGENALI HOAX ATAU BUKAN??

☝ SEDERHANA saja ! Apabila menerima pesan yang menyuruh untuk menyebarkan maka kemungkinan besar itu adalah hoax.
Jangan disebar!

👉 Contoh kalimat ajakan :
📎" Sebarkan pesan/ info ini anda dapat menyelamatkan satu nyawa.."
📎" Jangan hapus pesan ini sebelum anda menforwardnya..."
📎" Dengan broadcast anda banyak nyawa bisa diselamatkan..."
📎 dan lain- lain masih banyak lagi yang serupa

🔖 SARAN

📚 Info kesehatan insyaa Allah bisa mudah kita dapatkan lewat grup- grup WA yang bisa dipercaya, web, blog atau buku/ majalah kesehatan yang sudah jelas sumber dan siapa penulisnya dan juga info lain di luar kesehatan hendaknya diambil dari sumber yang jelas dan lebih selamat.
🚥 Apabila masih ragu jangan disebarkan dulu. Bisa dicek atau ditanyakn kepada pihak yang lebih mengerti. Apabila kita mudah menyebarkan berita hoax berarti kita telah menjadi salah satu korban kebohongan mereka. Lebih- lebih lagi dalam Al-Qur' an terdapat larangan menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya ⚠

والله اعلم بالصواب

Monday, January 19, 2015

Prosedur penggantian paspor hilang / rusak

Berikut ini adalah prosedur atau tahap-tahap dalam pengajuan penggantian paspor hilang atau rusak :
1. Lampirkan semua berkas yang dibutuhkan seperti pada saat kita apply paspor pada umumnya, akan tetapi ada berkas yang harus dan wajib disertakan juga pada saat penyerahan berkas melalui kantor-kantor imigrasi ataupun melalui online.
Untuk penggantian paspor HILANG harus melampirkan surat keterangan hilang dokumen dari kantor polisi setempat, baik kantor polisi dalam negeri ataupun kantor polisi di luar negeri.
Untuk penggantian paspor RUSAK ada 2 macam, rusak karena banjir dan rusak karena kelalaian pemegang paspor. Untuk paspor rusak karena banjir, melampirkan surat keterangan dari kelurahan yang menyebutkan kapan dan dimana kejadian banjir terjadi. Dan untuk paspor rusak karena kelalaian pemegang paspor, langsung lapor pada saat penyerahan berkas di loket pada kantor imigrasi yang mengeluarkan paspor hilang/rusak tersebut ;
2. Datang ke kantor imigrasi yang menerbitkan paspor hilang/rusak untuk penyerahan berkas di loket ;
3. Proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di Seksi Pengawasan dan Penindakan pada kantor imigrasi yang mengeluarkan paspor hilang/rusak tersebut ;
4. Ke kantor wilayah untuk mendapat persetujuan penerbitan paspor yang menggantikan paspor hilang/rusak tersebut ;
5. Setelah mendapat persetujuan dari kantor wilayah setempat, membayar blanko paspor dan foto biometrik di kantor imigrasi yang menerbitkan paspor hilang/rusak tersebut. Dikenakan denda sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) untuk paspor hilang/rusak masih berlaku, sedangkan untuk paspor hilang/rusak sudah habis masa berlaku tidak dikenakan denda sama sekali.
Jadi pembayaran untuk paspor hilang/rusak masih berlaku sejumlah Rp. 455.000,- (empat ratus lima puluh lima ribu rupiah) dengan perincian blanko paspor Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) + Rp. 55.000 (lima puluh lima ribu rupiah) + denda Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) yang semuanya masuk ke kas negara. Dan untuk paspor hilang/rusak sudah habis masa berlakunya, hanya membayar Rp. 255.000,- (dua ratus lima puluh lima ribu rupiah) dengan perincian blanko paspor Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) + Rp. 55.000 (lima puluh lima ribu rupiah)
6. Foto dan wawancara, kemudian tunggu untuk proses pencetakan dan paspor bisa diambil sesusi jadwal pengambilan paspor yang disebutkan oleh petugas imigrasi. 

Sumber dari mirnaronie.blogspot.com
p.s.: tinggal aja biaya penggantian disesuaikan dengan tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yg baru.

Referensi lain : http://batam.tribunnews.com/2014/08/29/urus-paspor-hilang-apakah-dikenakan-denda

Wednesday, August 6, 2014

CARA DAFTAR BPJS


Sudahkah anda punya BPJS?

Sekarang ini biaya berobat tergolong mahal, bahkan terasa sangat mahal bagi sebagian besar orang. Maka bagi anda yang WNI dan belum memiliki Jaminan Kesehatan, pemerintah telah membuat program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan).

Caranya Sangat Mudah:
1. Buka Link: www.bpjs-kesehatan.go.id
2. Klik Layanan Peserta,
3. Pilih Pendaftaran Peserta,
4. Klik Paling bawah, Pendaftaran,
5. Klik identitas peserta baru,
6. Isi mulai e-ktp ke bawah,
7. Isi juga kolom alamat
8. Masukkan email kita (buat terima konfirmasi aktifasi pendaftaran),
9. Masukan kode yang tertera di gambar,
10. Klik simpan,
11. Buka email kita,
12. Klik aktivasi pendaftaran,
13. Unduh/download formulir,
14. Unduh/download nomer peserta,
15. Print kedua unduhan tersebut,
16. Bayar ke bank BRI, BNI, Mandiri,
17. Bawa kelengkapan data:
   ㄖ Print ke 2 lembar unduhan
   ㄖ Struk pembayaran yang sudah di bayar
   ㄖ Fotocopy KTP, KK, Foto 3x4 1 lembar
   ㄖ Datang ke kantor BPJS
   ㄖ Cari ke bagian Online
   ㄖ Serahkan data² tadi, ditukar denqan nomer antrian untuk cetak kartu BPJS.
Dengan membayar perbulan
✔ Kelas 3: 25.500.
✔ Kelas 2: 42.500.
✔ Kelas 1: 59.500.

ஃ Asuransi ini menjamin berobat dan rawat inap di RS. Silahkan dipelajari. Untuk yang tidak mampu, asuransi dibayarkan oleh pemerintah.

ㆀ Silakan di-share kepada teman dan saudara anda, kita semua tentu tak berharap sakit, tapi tak ada salahnya untuk berjaga-jaga.
Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu kita semua, karena sudah banyak terkena penyakit berat dan biaya ditanggung oleh BPJS, paling tidak ini akan terasa meringankan bagi yang menderita penyakit berat.

Semoga bermanfaat.

Friday, July 18, 2014

Ingin Pergi Haji? Niat saja tidak cukup!

Setiap muslim pasti ingin pergi haji untuk menunaikan rukun islam ke - 5. Namun kendalanya di Indonesia masih diberlakukan quota haji, yakni setiap tahun di kepergian jamaah haji dibatasi. Bahkan masa tunggunya saat ini bisa berkisar 9-15 tahun. Wow! Maka itu banyak muslim yg mengurungkan niatnya untuk mendaftarkan haji, dan lebih memilih untuk berangkat umroh, cara cepat menuju Baitullah.

Bagi saya dan suami, yg diwajibkan itu HAJI. Karena itu, kami 'ngotot' untuk berniat mendaftar haji sebelum berangkat umroh, meskipun tidak jelas kapan akan berangkat. Bagi kami, 'kalau bukan daftar sekarang, kapan lagi, harus nunggu berapa lama lagi?'.

Namun niat saja ternyata belum cukup. Niat harus dibarengi dengan 'Action'. Dan 'Action' pertama kali adalah BUATLAH REKENING HAJI. Rekening haji bisa dibuat di bank-bank syariah, seperti BNI syariah, Mandiri syariah, Muamalat dan bank syariah yg ditunjuk pemerintah yg lain. Pembukaan rekening haji sangat mudah hanya membawa KTP dan setoran awal Rp.500rb. Setelah punya tabungan haji, niscaya keinginan untuk traveling, shooping, 'kulinering' (hehe) dll jadi ter'rem' dengan sendirinya. Karena ingin mengisi celengan haji agar cepat penuh. :)

Atau sekarang hampir semua bank syariah menyediakan fasilitas dana talangan haji, dengan 4-5jt kita bisa mendapatkan pinjaman untuk memenuhi syarat pendaftaran haji, namun pinjaman ini harus dilunasi dalam 12 bulan.

Syarat mendaftar haji diIndonesia adalah memiliki tabungan sebesar 25jt+500rb. Bila celengan ini sudah penuh, bisa daftar ke departemen agama dengan dilengkapi syarat lainnya seperti :
(Semua persyaratan di FotoCopy 2lbr dikertas A4, selain kertas A4 tidak akan diterima)
1. Isi form pendaftaran haji (bisa didapatkan dikantor depag (gratis)
2. FC buku tabungan haji
3. FC Kartu keluarga
4. FC KTP
5. FC Surat keterangan sehat dari dokter puskesmas setempat- dipuskesmas tempat saya mengurus ada langsung bagian haji&umroh. Bagi yg merasa sehat ini hanya formalitas saja. Tapi bagi yg punya riwayat sakit, dokter akan memberikan surat rujukan perawatan ke RS. Dan memberikan tanda 'lulus kesehatan dengan syarat'. Biaya mengurus ini 30rb/orang
6. FC Surat keterangan dari kelurahan dengan diketahui kecamatan. Sebelumnya ke kelurahan minta surat keterangan domisili dari RT dan RW setempat dahulu. biaya : harusnya gratis, tapi di kelurahan tempat sy mengurus ada pungli sebesar 35rb/surat.
7. FC surat nikah / Akta Kelahiran / Ijasah

Setelah semuanya sudah lengkap, bawa ke kantor Depag untuk diserahkan. Di kantor Depag Cibinong, dokumen akan dicek kelengkapannya, kemudian kita diminta datang keesokan harinya untuk foto. Untuk penyerahan dokumen boleh diwakilkan tapi untuk foto wajib datang langsung. (Yaiyalahh). Maksudnya tidak boleh foto distudio luar, alasannya karena sudah online. Untuk foto ini kita dipungut biaya Rp. 70rb/orang, mendapatkan foto ukuran 2x3,3x4,4x6 dan CD.

Usahakan datang foto pagi-pagi apalagi yg hanya bisa cuti sehari. Pakaian yg digunakan bebas selain putih. Karena nanti 'background'nya putih. Dan usahakan untuk tersenyum. :D. Setelah foto, kita diminta untuk menunggu 1-2jam untuk mendapatkan hasilnya. Kita akan dipanggil untuk mengecek ulang surat pendaftaran haji, bila sudah benar, baru akan disahkan oleh pejabat setempat. Nah, Alhamdulillah proses di Depag sudah selesai.

Eh tapi tunggu dulu, setelah mendapat dokumen lengkap + surat pendaftaran yg sudah disahkan, kita masih harus melaporkan diri lagi ke bank tempat kita mengisi celengan haji. Untuk memindahkan bukukan celengan haji kita tersebut ke celengan pemerintah sebagai setoran awal ibadah haji. Ini juga tidak bisa diwakilkan. Jadi sebaiknya yg hanya bisa cuti sehari, selesai urusan dari Depag bisa langsung pegi ke bank.

Alhamdulillah.. semua proses sudah selesai. Kita bisa pulang kerumah dengan lega dan simpanlah dokumen pendaftaran haji tersebut ditempat yg aman. Meskipun belum tau kapan akan berangkat. Semoga Allah sudah mencatat niat dan ikhtiarnya. Amiin..

Ingat! keinginan tanpa usaha itu tidak ada gunanya.

Yukk daftar haji yukk!! ^___^

Ayu F
19 Ramadhan 1435
*edisi gak bisa tidur*

Wednesday, April 16, 2014

ANAK DAN PORNOGRAFI

Resume Seminar Abah Ambu
Seminar "Tantangan mendidik anak di Era Dijital"

By Elly risman
12 April 2014.

Elly Risman: bahaya paling besar yg dihadapi negeri ini adalah bahwa tidak tahu bahwa kita dalam bahaya.

Kita tidak sadar bahwa pornografi telah merusak anak2 kita.

Lihat Fakta :
👉org bandung, deden (28th), mengumpulkan 128rb video bokep untuk dijual. Harga 30rb-800rb. Yg 800rb adalah video2 seks dengan anak2!

Kasus perkosaan-pornografi di Bandung
👉 pelajar SMP kota bandung jd pelacur, cukup dibayar dg pulsa.
👉 AA (35th) memperkosan anak wanitanya sendiri (11th), sebelum dinodai, si anak disuruh nonton tv, kmdn diganti dg video porno. Lokasi: sekeloa – bandung
👉7-9 th lalu sudah ada di sinetron adegan menelanjangi teman sekolah, bullying dan kejahatan2 (bukan kenakalan lg) remaja sudah diajari melakukan kejahatan ke sesama teman. Jahatnya sinetron
👉 pelajar SMP melakukan seks dg teman sekolah atas dasar suka sama suka
👉 28% pekerja seks remaja di Bandung adlh pelajar aktif atau masih bersekolah
👉Kasus video mesum SMP 4 jakarta dilakukan atasdasar suka sama suka. Dilakukan pertama kali 10 hari setelah Jadian. Lalu 15 hari setelahnya. 3x dalam 5 hari. Direkam oleh anak OSIS. Diperankan oleh anak berprestasi. 😰😨

👉Hasil pencarian di google "seks dg pacar" dan "cara menggugurkan kandungan" meningkat terus (double) dari feb 2013 – jan 2014

👉Video lain, 2 minggu lalu. Dilakukan di kelas, di balik pintu. Oleh pelajar SMP (yg putri berjilbab) mereka melakukan seks hanya 4:20 detik. Sebelumnya mereka sudah sexting (kirim2 mssge porno via hp). Janjian ketemu, lgs "melakukan". Tanpa buka baju, tanpa kasur. Selesai. Singkat saja. Kenapa kita berfikir harus lama?

📝Penelitian thd Siswa kelas 4 SD :

87% sudah menonton pornografi lewat hp, DVD, situs internet, games, komik, sinetron, dll

Dimana?
51% melihat di rumah sendiri/saudara!

Kemana orangtuanya? Ada. Tapi PINGSAN! (Sinisme)

❗Kekerasan seksual terjadi dimana saja. Oleh siapa saja. Bahkan supir pribadi. Jangan pernah membiarkab supir mengantar anak anda berdua saja. Kita tidak pernah tahu.

Naruto itu parah filmnya, komiknya, situsnya, gamesnya. Terselip2 pornografi di sepanjang adegan. Naruto bukan konsumsi anak-anak2!!

Saat seminar, ditunjukkin situs internet yg paraaaah..berupa gambar sequense mulai dari seks dg benda, gambar seks, pegang2 PD, lesbi, seks dg binatang, seks berkelompok, dll. Ini semua ada di gambar situs..bukan … bukan situs porno. Itu situs NARUTO!!

Bukan hanya situs, celah pornografi juga masuk dari hal2 berikut :

❌Games :
GTA – games pencurian mobil, kalau sudah berhasil, dapet jackpot berupa ngeSex dengan pelacur jalanan 😨😰
Parahnha, Ada GTA versi terbaru : versi Upin Ipin!! Ya salaam 😡

Banyak games RAPEPLAY yg dapat didownload GRATIS di android, HP..

Games rapeplay : ada gambar animasi mirip banget asli, cara main, tinggal sentuh bagian yg diinginkan dan pakaiannya akan terbuka. Lalu ada adegan2 seks yg bisa diperankan dg jari anak. Ini semua bisa di donlot GRATIS saudara-saudara..GRATISSS TISS. tinggal sentuh dg jarimu!

(Ini ternganga2 semua peserta… 😱😨😨😰)

❌Film :
Banyak channel tv holywood yg menampilkan adegan seks dg vulgar atau sebagian. Ada juga yg sangat halus seperti serial remaja glee >> jelas mengekspos cara seks lesbian dan homoseks

Film bioskop indonesia yg sarat unsur porno: ML (mau lagi), cintaku, comic 8 , daaan jutaan film lain yg berisi porn, softporn dan bullying. Dont mention Sinetron dan FTV karya R.punjabii yg isinya sampah semua.

❌Music :
Lewat videoklip, porn disusupi. Misal vclip kim kardashian, dll >> video klipnya paraah. Dan ini lagu2 yg digandrungi anak2.

❌komik
Banyak komik2 yg isinya tak lain adalah porn. Sampulnya apa, isinya apa. Ada adegan2 seks yg sama sekali bukan utk anak.
Baca dulu komik2 anak sebelum mereka membaca!

❌DVD :
Anak ternyata menonton blue film dr DVD milik ortu sendiri yg lupa diambil dr playernya 😷 selain mereka dpt membelinya dg mudah n murah di kaki lima.

Selain pornografi, LGBT (lesbian gay bisex transgender) sedang dikampanyekan dunia global.

Gambar2 sex dibuat rancu tidak jelas mana laki2 mana perempuan, agar LGBT menjadi sesuatu yg lumrah.

Situs LGBT
Www.ok2bme.com
Www.aruspelangi.or.id
Melihat segituuu banyaknya paparan pornografi yg sangat mudah diakses oleh anak2 kita, sejak mereka masih sangat dini, bahkan dengan gratis, hanya dg menggeser ujung jari 📱💻.. tidak aneh bila bbrp tahun kemudian mereka jd pelaku seks seperti fakta yg diungkap di awal seminar. Mau jd apa anak2 itu.. 😭😭

🐣Cara menscanning anak apakah sudah terpapar pornografi atau blm :
1. Jelaskan ttg apa itu perpustakaan porno. Analogikan dg perpustakaan tambah-kali-bagi-kurang yg ada di kepala anak.
2. Tanya apakah anak punya perpus porno?
3. Bila ya, tanya kapan pertama kali dapat paparan pornografi tsb?
4. Tanya apa yg dirasakan?
5. Tnya apa yg dilakukan setelah melihat pornografi

❓Apa yg "mereka" (para penyebar pornografi dan LGBT) inginkan?
Hanya 3 :
1. Anak dan remaja memiliki Perpustakaan Porno
2. Kerusakan otak permanen
3. Pelanggan seumur hidup = future market.
Parameternya : 33x ejakulasi krn melihat pornografi 👉 pecandu pornografi.

Sasaran industri pornografi :
1. Laki2. Sasaran utama.
Krn otak kiri laki2 lebih berkembang dari perempuan. Sehingga laki2 lbh mudah Fokus.
Krn lbh banyak testosteron di tubuh laki2. Dan krn kemaluan laki2 ada di luar dan mudah dimainkan.
2. Belum baligh.
3. Anak yg BLAST
Boring – bosan
Lonely – kesepian
Angry, afraid – marah, takut
Strees
Tired – cape

Anak2 yg mulai disekolahkan terlalu dini, beban akademis berat, tuntutan tinggi dr orangtua. Merekalah sasaran pornografi.

Anak yg sudah memiliki banyak koleksi perpustakaan porno akan mempengaruhi cara berfikir, cara berbuat, cara bersikap. Melihat wanita berpakaian lengkap, bisa berfantasi kemana2 hingga masturbasi. Sulit fokus dll.

💣Ciri anak yg kecanduan pornografi :
1. Bila ditegur dan dibatasi dia marah, melawan, keji, mulai hilang kendali, ikut2an emosi
2. Mulai impulsif, berbohong, jorok, moody
3. Suka menyakiti adik
4. Menghindari kontak mata
5. Mudah haus & tenggorokan kering
6. Sering minum
7. Sering BAK
8. Sering berkhayal
9. Sering main PS/internet dalam waktu yg lama
10. Prestasi akademis menurun
11. Main dg teman/kelompok yg itu2 saja
12. Berperilaku aneh : kancing baju sampai atas, rambut gondrong, dll

🎎Kemana orang tua? PINGSAN!
ADA tapi ga mau tau, ga peduli. Yg dipedulikan hanya akademis, prestasi si anak.
Orgtua tdk sadar anak2nya sudah dirusak oleh pornografi. Sangat mungkin anak tampak manis, penurut, ternyata dia sudah kecanduan pornografi. Anak kita kah??
😭😭

Itulah anak2 yg di sasar utk memiliki perpustakaan porno. Perpus tsb dapat mereka akses sewaktu2, kapan pun, dimana pun.

Orang tua sibuk, tidak ada saat anak butuh curhat, ingin bertanya. Orang tua tidak menjadi sahabat anak sehingga mereka mencari org lain. Jgn salahkan siapa2.

Bagaimana kerusakan otak?

Kerusakan otak akibat pornografi, sama dg org yg rusak akibat kecelakaan.

Di bagian kanan atas alis (otak direktur)
Otak direktur = prefrontal cortex (pfc) adalah bagian otak yg membedakan otak manusia dg otak binatang

Fungsi PFC sebagai direktur otak :
- tempat moral dan nilai,
bertanggungjawab utk :
-perencanaan masa depan
-pengaturan emosi
-membuat keputusan
-pengontrolan diri
-ekspresi kepribadian

Saat PFC tsb rusak, maka tak lain otaknya adalah seperti otak binatang 🐒

PFC baru matang diusia 21 tahun, Sehingga wajar bila anak2 belum bisa bijaksana dlm menyikapi paparan pornografi.

Bgmn bila anak perempuan terpapar pornografi >> memposting foto2 porno dirinya.

Kerusakan otak akibat kecanduan narkoba : ada 3 bagian

Kerusakan otak akibat kecanduan pornografi : ada 5 bagian
Pornografi 👉 amat jahat!

Dari mulai hanya melihat.. sampai melakukan
Pornografi membuat kecanduan. Dari mulai dosis kecil… nagih minta yg lebih besar lebih besar lebih besar.
Dari awalnya tidak sengaja melihat melalui situs, games, iklan tv, sekelibat adegan film..

semua itu menambah koleksi perpustakaan pornografi di otak anak.

Anak yg terpapar pertama kali (walaupun sebentar, otak akan mulai menagih untuk minta dan mencari lagi dan lagi.. lebih porno..lebih porno. Terus meningkat.

Inilah mengapa banyak terjadi incest! Bahkan belum lama terkuak pemuda tasikmalaya yg memperkosa anak kecil, 300 ayam dan beberapa kambing! Naudzubillahimindzalik 😩😩😩

Bila tidak dapat memuaskan kecanduannya… ga punya duit utk ke PSK.. dilakukan ke teman dekat sendiri, teman sekolah. Tidak ada. Dilakukan ke adik dan saudara sendiri. Subhanallah 😩😩

Saat ini kita mengasuh generasi YZ. Dimana mereka multitasking. High tech. Terkoneksi dg mudahnya ke samudra web yg tiada bertepi. Cara mengasuhnya tentu tidak bisa disamakan dg bgmn dulu orgtua kita mengasuh kita.

Pertimbangkan :
- memberikan anak games, pornografi, pacaran

2. Selesaikan hal2 yg menyangkut emosi dan harga diri > yg membuat anak lari ke pornografi/games

Protektif > Bekali anak dg ilmu :
1. Bahwa dirinya dan tubuhnya sangat berharga. Tidak sembarang orang bisa menyentuhnya.

Ajari perbedaan sentuhan :
👉Sentuhan baik > atas bahu & bawah lutut
👉sentuhan membingungkan > bawah bahu sampai atas lutut
👉sentuhan buruk > sentuhan pada bagian2 yg ditutupi pakaian renang 👙
Ajari anak bagaimana harus bersikap bila menerima sentuhan buruk dan membingungkan.😤

8 hal membantu anak :
1. Jangan fokus akademis semata
2. Aktif gunakan teknologi, jgn kalah (gaptek) sama anak
3. Komunikasi dan disiplin berbeda
4. Perkuat ALLAH dalam diri anak. Bicarakan ttg memelihara kesucian sampai menikah. Ajarkan ttg thoharoh sejak anak 8 th
5. Ajari anak berfikir kritis. Sering diskusi, lempar pertanyaan
6. Ajari anak konsep dan harga diri yg baik
7. Ajari utk mandiri dan bertanggungjawab
8. Berdoa

Waspada juga dengan serial princess2an, barbie dll.. karena di dalamnya sarat terkandung ttg pacaran, bullying, mengangkat ttg materism, konsumerism dll

Waspada dg gadget dan games2. Selain "pesan2″ merusak yg perlu diwaspadai, pada games(termasuk games2 di tablet) anak belum bisa membedakan mana dunia virtual dan mana dunia nyata. Dia bisa "tertukar" melakoni dunia nyata seperti pada dunia games.. batasi games!

Bahaya media (Tv, games, gadget) pada fisik anak :

1. Cidera lengan atas
2. Cidera punggung – posisi duduk yg tidak baik
3. Rusak lutein pada retina mata akibat paparan blue screen
4. Membuat mata hanya fokus pada 1 titik. Padahal untuk membaca saja mata kita perlu bergerak kanan-kiri.

Mangkanya pendidikan seks itu mmg perlu diberikan sejak anak dini.. tentunya disesuaikan umur mereka. Agar mereka bertanggungjawab dan mampu menjaga kemaluannya. Krn kita ga bisa terus menerus mengawasi anak kita. Banyak celah porn masuk ke mereka. Anak kita baik, bgmn anak tetangga, bgmn sepupunya, bgmn teman sekolahnya?

Coba cermati film2 disney. Putri salju pergi ke hutan dg 7 lelaki asing
Cinderlela pergi ke pesta dansa hingga tengah mlm. Belum lagi bullying yg dicontohkan kakak2 tirinya. Barbie n kent pacaran. Barbie menetapkan standar wanita idaman, putih tinggi fashionable. Anak2 kita berharap bisa cantik seperti barbie.
Cerita Princess2, selalu ada cerita ttg persaingan cantik2an menjelang prom night. Dan nengajarkan bagaimana mereka harus menjadi yg paling cantik walaupun harus berbuat jahat pada temannya, bahkan saudaranya… 😩😩😩 dan semua pesan disampaikan dg sangat haluuss. Tp mental itulah yg tertanam di otak anak2.

Intinya yg kutangkep.. karena di luar sana bisnis pornografi sangat agresif mencari mangsa yaitu para pecandu porn, kita harus pertimbangkan masak2 saat hendak mberi anak kita akses menuju hal tsb. Yaitu gadget, tv, internet, hp, dll. Karena sekali mereka terkoneksi, konten2 tsb akan sangat mudah mereka dptkan tanpa bisa kita bendung. Tp kita juga ga cukup dg membatasi gadget, kita harus edukasi ke anak ttg seks, membangun awareness mereka ttg dirinya sendiri. dan yg paling penting bangun hubungan yg baik dg anak, jalin komunikasi yg baik agar anak mau cerita dan terbuka.

Selesai.

Semoga Allah senantiasa memberi kita taufik dan kebijaksanaan dlm mendidik anak2 yg menjadi Amanah Allah pada kita.

Dan semoga Allah senantiasa menjaga anak2 kita dari hal2 yang merusak.
by @lintangdwif